Cara Ampuh Meningkatkan Ranking SEO Pada Website

cara ampuh untuk meningkatkan rangking SEO

Mari kita pelajari cara ampuh untuk meningkatkan rangking SEO pada websitemu dengan aman dan mudah. Tentunya proses ini membutuhkan waktu yang tidak begitu lama, karena didalam melakukan proses ini memerlukan waktu dimana mesin pencari Google mempunyai jam tersendiri untuk mengcrawl setiap website.

Selama kita menunggu proses dimana Google mengcrawl website, maka perhatikan hal-hal yang mempengaruhi struktur SEO pada konten website kita, seperti title, meta description, alt image, caption, permalink, link building dan sejenisnya. Nah untuk mengetahui lebih mendalam bisa teman teman pelajari dan ikuti tips dibawah ini.


Baca Juga Tips Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly Bersaing di Google
 

Ikuti langkah-langkah berikut serta perhatikan ranking pada website milikmu akan meningkat hingga mencapai halaman awal dan berada pada hasil pencarian pertama pada SERP (Search Engine Result Page). Gunakan cara ampuh untuk meningkatkan rangking SEO berikut ini yaaa.

 

1. Isilah konten website dengan hal-hal yang dibutuhkan orang

Konten yang berkualitas merupakan pemicu utama dari hasil ranking yang baik pada mesin pencarian dan juga tidak ada pemicu lainnya yang dapat bersaing selain konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas memang dibuatkan khusus dengan tujuan agar meningkatkan traffic pada website milikmu dimana hal tersebut juga akan meningkatkan authority site dan relevansi pada website milikmu.

Carilah kata kunci untuk setiap halaman pada website milikmu. Cobalah sesuaikan kata kunci yang kamu cari tersebut sesuai dengan kata kunci yang digunakan pengunjung dalam mencari hal-hal yang berhubungan dengan konten dari website milikmu. Kemudian, ulangilah langkah ini hingga beberapa kali pada halaman yang kamu pilih untuk kata kunci tersebut, cukup sekali atau dua kali pada bagian pembuka dan penutup dari paragraph kontenmu, dan dua hingga empat kali pada konten selanjutnya.

Jangan lupakan untuk menggunakan fungsi bold, italic, heading tags, dan tags lainnya untuk memberikan tanda pada hal pokok dalam kontenmu, namun janganlah kamu melakukannya secara berlebihan. Jangan pernah kamu menyepelekan dan mengorbankan penulisan konten yang baik dan bermutu untuk kepentingan SEO. Halaman terbaik yang digunakan adalah untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari.

 

2. Selalu teratur melakukan update konten website

Mungkin kamu sudah menyadarinya jika pada artikel kali ini, saya sangat menyarankan dan menegaskan mengenai konten pada website. Karena mesin pencarian juga selalu melakukan update untuk mencari ranking terbaru untuk SEO rank pada seluruh website di dunia. Melakukan update secara teratur pada konten website juga dipandang sebagai salah indikator terbaik dari pembaruan dalam relevansi website, jadi perhatikanlah untuk selalu membuat website milikimu dalam keadaan baru dan selalu terupdate.

 

3. Setting Metadata website

Ketika kamu merancang websitemu, pada setiap halaman memiliki ruang yang berada diantara tags untuk diberikan metadata, atau informasi yang berkaitan dengan konten website pada halaman tersebut. Jika kamu menggunakan CMS, team UMC web telah menyediakan beberapa data yang dapat digunakan olehmu, berikut :

Title Metadata : bertanggung jawab pada tampilan judul pada halaman bersangkutan dimana judul akan ditampilkan pada bagian atas jendela browser. Metadata ini merupakan metadata terpenting untuk halaman websitemu. Bagi pengguna website dengan CMS, team web developer telah mengembangkan sebuah sistem otomatis untuk membuat meta title pada setiap halaman website.

Description Metadata : merupakan teks deskripsi yang akan digunakan oleh browser ketika melakukan setiap pencarian yang pernah kamu lakukan. Anggaplah hal tersebut sebagai tampilan dari jendela website milikmu, sebuah deskripsi ringkas dan menarik dari apa yang tertulis pada konten, dimana bertujuan untuk mengajak pengunjung untuk mengunjungi websitemu.

Keyword Metadata : merupakan sebuah frase pencarian yang dituliskan oleh calon pengunjung ketika mereka ingin mencari halaman website milikmu. Kamu akan menuliskan berbagai macam frase untuk menanggapi hal ini. Namun, janganlah terlalu tamak dalam hal ini, jika list frase yang kamu tuliskan terlalu banyak, browser milikmu mungkin akan menolak data yang kamu buat tadi. Oleh karena itu, sebaiknya cobalah untuk membuat list hanya dengan frase sebanyak 6 hingga 8 frase saja dimana pada setiap frase tersebut terdiri dari 1 hingga 4 kata.

 

4. Masukkan link yang sesuai dan memiliki traffic yang baik

Fokuslah pada pembuatan link yang berhubungan dengan teks yang ada pada konten milikmu. Daripada memiliki link dengan teks “click here”, cobalah buat sesuai dengan nama tujuan yang dimaksudkan. “Click here’” tidak memiliki nilai berarti pada mesin pencarian, dibandingkan dengan “Tips Menarik Untukmu” yang memiliki kata kunci yang bagus dan sesuai sehingga akan memberikan peningkatan pada ranking pencarian dan juga pada ranking halaman yang kamu link-kan.

 

5. Gunakan alt tags pada image


Selalu gambarkan media visual dan video yang kamu miliki dengan menggunakan alt tags, atau deskripsi teks alternatif lainnya. Dengan menggunakan alt tags, maka mesin pencarian dapat mengetahui lokasi dari halaman websitemu, dimana hal ini merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi mereka yang menggunakan browser jenis text-only.

Nah sekian dulu deh artikel terkait cara ampuh untuk meningkatkan rangking SEO pada website sehingga bisa bersaing di SERP. Semoga bermanfaat dan berguna ya artikel terkait SEO ini. Terus banyak praktik dan membaca agar mendapatkan formula yang cocok dan sesuai untuk website Anda.