Waktu Tepat Untuk Posting Di Sosial Media Fb, Instagram dan Twitter


Waktu yang tepat untuk memposting di sosial media seperti facebook, instagram dan twitter. Pelajari insight disetiap platform sosial media ini masing-masing. Setiap platform tentunya sedikit berbeda waktu yang tepat untuk postinganya. 

Mengenai waktu yang tepat untuk posting di sosial media seperti posting di facebook, di instagram, dan twitter. Karena tata letak, server dan waktu bisa mempengaruhi hal tersebut. 

Tinggal mencari dan mengatur waktu yang tepat itu jam berapa siih ? Maka simak yuk dengan seksama artikel ini, silahkan membaca.

Waktu yang tepat untuk memposting di sosial media
Dalam dunia sosial media, timing adalah faktor yang sangat penting. Anda ingin bisa mengirim pesan atau memposting sesuatu pada saat banyak orang yang sedang online sehingga bisa melihat konten Anda tersebut. 

Semakin banyak orang yang tersedia saat Anda mengupload sesuatu, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk bisa melibatkan mereka dalam perkembangan bisnis Anda.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mengupload sesuatu di sosial media untuk bisnis Anda ?

Tidak ada jawaban pasti untuk menjawab pertanyaan tersebut. namun ada sumber daya yang bisa membantu Anda dalam menemukan waktu pilihan untuk melakukan posting. 

Salah satu yang harus Anda lakukan terlebih dulu adalah mengenal audiens atau follower Anda, apa yang mereka inginkan dan sosial media apa yang mereka gunakan.

Waktu Tepat Untuk Posting Di Twitter

Pada Twitter, cukup sulit untuk bisa menentukan kapan waktu terbaik melakukan postingan atau Tweet. Wiselytics menjelaskan, sebuah postingan di Facebook mampu menjangkau 75% engagement potensial dalam lima jam. 

Sementara itu Twitter mampu mencapai engagement potensial sebanyak 75% dalam waktu kurang dari tiga jam. Bagaimana caranya ?

1. Pentingnya Lokasi

Salah satu strategi adalah membuat Twitter untuk masing-masing daerah yang Anda tentukan dan gunakan tools manajemen media sosial untuk mengelola dan memantau keseluruhan kegiatan akun Twitter tersebut. 

Kemudian buat laporan sosial media untuk melacak mana daerah dengan engagement yang tinggi untuk bisnis Anda.

2. Gunakan Tools Yang Tepat

Ada banyak tools yangt bisa membantu Anda dalam menemukan waktu terbaik untuk memposting Tweet pada Twitter Anda, misalnya saja Hootsuite dengan fitur AutoSchedule-nya. 

Fitur tersebut bisa menentukan waktu memposting Tweet Anda berdasarkan performa Tweet Anda yang terbaik.

3. Pastikan Anda Terlibat Langsung Di Media Sosial

Dasar utama untuk mengetahui waktu terbaik melakukan posting adalah dengan terlibat langsung dengan sosial media itu sendiri. Dengan demikian, Anda akan teredukasi dengan sendirinya dan bisa menganalisa secara garis besar.
Berikut sejumlah data yang dikumpulkan dari beberapa sumber berbeda yang dapat Anda gunakan sebagai titik awal :
  • The Huffington Post : “Untuk retweet yang maksimal, posting di pukul 12.00, 17.00 dan 18.00. Selain itu, melakukan Tweet pada pukul 12.00 dan 18.00 juga dapat meraih jumlah klik yang lebih tinggi. Waktu terbaik untuk menggunakan Twitter dengan tujuan business to business adalah Senin-Jumat dan akhir pekan serta hari Rabu untuk tujuan business to consumer.
  • Hubspot : Lakukan posting antara pukul 12.00 dan 15.00 pada hari Senin-Jumat, dan 17.00 – 18.00 untuk hari Rabu.
  • Kissmetrics : Posting pada hari Rabu pukul 17.00, dimana persentase retweet sangat tinggi. 

Waktu Tepat Untuk Posting Di Facebook

Mengingat Facebook kini merupakan sarana yang sangat baik untuk berkomunikasi baik untuk urusan pribadi maupun untuk bisnis atau sebuah merek, maka sangat penting bagi Anda untuk mempelajari kapan waktu yang tepat dan efektif untuk memposting di sosial media ini.

75% engagement posting Facebook Anda akan terjadi dalam lima jam pertama, yang berarti masih kurang maksimal jika dibandingkan dengan Twitter (kurang dari tiga jam). 

Namun, Post Planner menjelaskan bahwa impression atau kesan postingan Facebook lebih cepat mencapai tingkat tertinggi mereka dibandingkan dengan engagement. 75% kesan keseluruhan postingan Anda pada timeline bisa dicapai hanya dalam waktu 2,5 jam.

Untuk mencapai hal itu, pastikan kapan saja audiens Anda aktif atau sedang online. Sama seperti twitter, menentukan waktu yang terbaik untuk memposting di Facebook sebenarnya tergantung pada apa bisnis Anda. 

Namun berikut ini sejumlah rekomendasi yang bisa Anda gunakan sebagai titik awal. Waktu yang tepat untuk memposting di sosial media seperti facebook, instagram dan twitter,
  • Quick Sprout : Kamis dan Jumat, pada pukul 13.00 untuk mendapatkan most shares, dan 15.00 untuk mendapatkan most click. “Semakin sedikit orang yang sedang bekerja, maka mereka sedang mengakses Facebook.”
  • Optimizely : Senin sampai Kamis antara pukul 18.00 – 20.00
  • Microsoft : Kamis dan Jumat pukul 13.00 – 15.00
  • Hubspot : Kamis dan Jumat pukul 13.00 – 15.00
Meskipun ada beberapa perbedaan, terdapat temuan waktu yang konsisten yaitu hari Kamis dan Jumat pukul 13.00 – 15.00.

Waktu Tepat Untuk Posting Di Instagram

Coba pikirkan atau posisikan diri Anda sebagai pengguna Instagram dan coba susun strategi berdasarkan ulasan yang Anda simpulkan. Kapan pengguna bangun tidur, dan apa yang mereka buka atau cari di Instagram pada pagi hari ? Apakah mereka bekerja full time ? Dimana mereka tinggal ?

Pertimbangkan kegiatan-kegiatan yang mungkin dilakukan pengguna atau follower Anda, misalnya saja bekerja, rapat, makan siang, hingga ke waktu tidur pada malam hari. 

Semua hal tersebut dapat Anda sesuaikan dengan jadwal postingan Anda. Waktu yang tepat untuk memposting di sosial media seperti facebook, instagram dan twitter.

Selain itu, pertimbangkan beberapa analisis ini :

Penutup

Waktu Tepat Untuk Posting Di Sosial Media

Sekian dulu deh ya artikel terkait waktu yang tepat untuk memposting di sosial media seperti facebook, instagram dan twitter. 

Semoga bisa terus memberikan kemanfaatan dan berguna bagi pelaku bisnis online yang memaksimalkan sosial media sebagai penghasilannya. Optimalkan sosial media tersebut sebagai usaha yang kreatif, cerdas dan bisa bermanfaat.