Pelajari Instagram Bisnis Untuk Mengetahui Insight Audiens Anda

mempelajari instagram bisnis untuk mengetahui seberapa besar insight audiens

Didalam mempelajari instagram bisnis untuk mengetahui seberapa besar insight audiens Anda, diperlukan analisis yang cukup baik dan teliti serta berkala. Dimana hal ini bisa Anda pelajari dan lihati pada menu settingan akun instagram bisnis bersifat gratis tanpa dipungut biaya. Sangatlah mempermudah Anda untuk mengetahui seberapa besar tindakan yang dilakukan oleh para pengikut instagram disetiap waktu dan postingan yang dipublish.
Instagram marketing akhir-akhir ini menjadi strategi digital marketing yang sangat powerful. Namun, banyak para pebisnis hanya asal menggunakan Instagram, tanpa tahu hasil dan report data yang seharusnya bisa jadi acuan untuk strategi berikutnya. Nah, Apakah Anda ingin tahu cara yang lebih baik untuk menganalisis usaha Instagram Marketing Anda?


Mencari tool gratis untuk membantu analasis usaha Instagram marketing Anda?
Tool analytics Instagram dapat memberikan data mauapun statistik untuk menginformasikan strategi sosial media dan penjadwalan konten Anda. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang Tool Analytics Instagram yaitu menggunakan Instagram Insight.

Menggunakan Instagram Insights

Jika Anda telah menyiapkan akun bisnis Instagram, Anda memiliki akses ke tool analityc Instagram gratis melalui aplikasi. Instagram Insights menyediakan statistik dasar untuk menilai upaya Instagram marketing Anda. Cari tahu lebih lagi tentang follower Anda, kapan mereka sedang menggunakan Instagram, dan apa posting teratas Anda . 

Informasi ini akan  membantu Anda memilih konten yang lebih mungkin menghasilkan banyak engagement (keterlibatan) dengan audience Anda. Kekurangannya, Anda harus banyak melakukan navigasi untuk melihat semua statistik ini. Alangkah baiknya jika Instagram membiarkan Anda melihat data ini di desktop atau bisa mendownload hasilnya.

Ada juga beberapa metrik yang perlu Anda ketahui ketika menggunakan Instagram Insight. Berikut daftarnya:

Instagram secara keseluruhan – Profile analytics
  • Follower count: Jumlah orang yang mengikuti akun Instagram.
  • Impressions: jumlah berapa kali semua postingan Anda dilihat pengguna.
  • Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat beberapa postingan Anda.
  • Profile views: Jumlah berapa kali profil Anda dilihat.
  • Website clicks: Jumlah klik pada link website yang ada di bio profile Anda.
  • Call clicks / Email clicks: jumlah klik untuk to menghubungi atau mengirim email bisnis Anda.
  • Posts: Jumlah postingan yang sudah Anda publish.
  • Mentions: The number of Instagram posts mentioning your Instagram handle.
  • Branded hashtags: The number of Instagram posts with your branded hashtags.
 Audience insights Instagram
  • Gender: Distribusi gender follower Anda (pria atau wanita).
  • Age: Distribusi usia pengikut Anda (13-17, 18-24, 25-34- 35-44, 45-54, 55-64, 65+).
  • Top locations: Lima kota dan negara teratas tempat follower Anda berada.
  • Followers – Hours: Waktu rata-rata (dalam jam) follower Anda berada di Instagram pada setiap hari dalam seminggu.
  • Followers – Days: suatu hari dalam seminggu ketika follower Anda paling aktif.
Postingan Instagram (Foto atau Video)
  • Impressions: jumlah berapa kali sebuah postingan Anda dilihat pengguna.
  • Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat sebuah postingan Anda.
  • Likes: : Jumlah pengguna yang menyukai sebuah postingan.
  • Comments: Jumlah komentar dalam sebuah postigan Anda.
  • Saved: Jumlah pengguna yang menyimpan sebuah postingan.
  • Engagement: Jumlah pengguana yang like (suka), save (menyimpan), atau  comment (komentar pada sebuah postigan Anda
  • Views: Jumlah views yang melihat postingan video.
Instagram Stories
  • Impressions: Jumlah berapa kali foto atau video tertentu dilihat lewat stories Anda.
  • Reach: Jumlah pengguna yang melihat foto atau video tertentu di Instagram stories Anda.
  • Exits: jumlah berapa kali para pengguna pergi dari stories Anda.
  • Replies: Jumlah balasan komentar di foto atau video tertentu pada stories.
  • People insights: Daftar akun yang telah melihat foto atau video tertentu dalam stories Anda.
Setelah Anda mengetahu metrik-metrik di atas, kita langsung membahas tentang bagaiamana cara mengakses dan menggunakan Instagram insight Anda.

Akses Instagram Insight Anda

Untuk mengakses insight ini, tap ikon diagram batang di pojok kanan atas aplikasi. Layar analisis pertama menunjukkan insight aspek apa yang tinggi pada minggu lalu dan statistik perbandingan untuk minggu sebelumnya. Anda dapat melihat total view, reach, profil views, dan klik website. Ini juga menunjukkan posting dan statistik teratas Anda untuk stories Instagram Anda dari 24 jam terakhir.

Geser ke kanan untuk melihat reach Anda.
Geser ke kanan lagi untuk melihat profil views.
Geser sekali lagi untuk melihat data klik website.
Lihat Insight Top posting

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang posting teratas Anda, tap link See More di sebelah top post.
Sekarang Anda dapat melihat enam pos teratas dari tujuh hari terakhir yang diurutkan berdarkan impressions.


Tip : tap link berwarna biru di bagian atas layar (All, 7 days, atau view) untuk opsi filter tambahan.
Lihat Insight Follower
Kembali ke halaman Wawasan utama untuk akun Anda, geser ke bawah ke chart follower saat Anda berada di Instagram. Anda bisa mencari tahu kapan follower Anda sedang menggunakan Instagram.

tap link See More yang berwarna biru di samping follower untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang follower Anda. Di layar berikutnya, lihat jumlah follower baru minggu ini dan dapatkan rincian gender follower Anda.
Geser ke bawah untuk melihat rincian usia follower Instagram Anda, dan melihat negara dan kota apa saja dimana mereka berada.

Tips : Tap sebuah bar pada diagram usia untuk menunjukkan persentase pada setiap rentang usia.
Periksa Insight Promosi (iklan)

Jika Anda menjalankan iklan Instagram , bagian Promosi pada layar utama Insight memberi statistik yang relevan pada kampanye Anda.

Tip : Tap link “What Do These Mean?”  untuk detail tentang statistik demografi dan waktu.

Tips Menggunakan Instagram Insight

Setelah mengumpulkan semua metrik dan mengetahui insight audience, Anda bisa untuk meningkatkan Instagram marketing Anda. Berikut adalah beberapa ide tentang cara menggunakan Instagram Insight untuk mencapai hasil yang lebih baik:

 Ubah hari dan / atau waktu posting Anda


Sama seperti Facebook , sejak diperkenalkannya algoritma yang baru di Instagram, mungkin tidak ada satu waktu terbaik untuk posting di Instagram. Sebagai gantinya, masing-masing brand memiliki waktu yang tepat  tersendiri untuk posting. Dengan analisis Instagram, Anda dapat menemukan waktu posting Anda yang sempurna.

Dengan Instagram Insights dari aplikasi Instagram, Anda dapat mengetahui hari-hari kapan follower Anda paling aktif dan rata-rata mereka berada di Instagram pada hari apa saja.

Anda bisa posting selama jam sibuk untuk menjangkau audience Anda, saat mereka paling aktif atau pasca-jam sibuk bila mungkin ada sedikit persaingan pada umpan pengikut Anda. Saya akan merekomendasikan bereksperimen dengan baik untuk menentukan waktu posting Anda yang sempurna.

Tingkatkan konten Anda berdasarkan kinerja atau demografi pengikut


Dengan menggunakan Wawasan Instagram, Anda dapat dengan mudah mengetahui pos dan cerita teratas Anda berdasarkan tayangan, jangkauan, dan keterlibatan. Setelah Anda memilah-milah posting teratas Anda, apakah Anda memperhatikan adanya tren?

Anda juga dapat menggunakan demografi pengikut dan pemahaman Anda tentang target pemirsa Anda untuk meningkatkan konten dan menariknya. Misalnya, jika sebagian besar pengikut Anda adalah wanita berusia 35-44 tahun yang suka merancang, dapatkah Anda membuat konten yang sesuai dengan mereka lebih dari pengikut Anda lainnya?

Ceritakan Instagram Stories yang lebih baik


Anda juga dapat menggunakan data stories Instagram untuk memperbaiki posting stories. Instagram Insights dari aplikasi Instagram menyediakan data seperti view, exits, dan replies, yang dapat Anda gunakan untuk menceritakan stories yang lebih baik.

Kita juga bisa menyelami stories tertentu: Kebanyakan orang keluar dari stories video kita di foto pertama jadi mungkin kita bisa mengerjakan headline untuk stories selanjutnya. Apa yang dikatakan data Instagram Stories Anda? Adakah jenis stories yang cenderung lebih baik daripada yang lain? Apakah ada sesuatu yang sama ketika sebagian besar follower Anda pergi dari Stories Anda?

Bereksperimenlah dengan berbagai CTA


Karena Instagram hanya mengizinkan satu link (di bio), marketier biasanya memiliki Call to Action (CTA) di posting Instagram mereka, guna mengarahkan follower ke link di bio mereka. Dengan metrik click website di Instagram Insights, kini Anda dapat mengetahui seberapa efektif CTA Anda. Anda bisa mengubah CTA Anda setiap minggu dan melihat apakah jumlah klik website meningkat. Sebagai pengingat saja, klik website adalah jumlah klik/tap pada link di bio Anda.


Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Bitly atau sejenis link shorteners dengan kemampuan pelacakan (tracking) untuk link di bio Anda dan melacak jumlah klik.

Kesimpulan

Dengan kekayaan data yang tersedia bagi Anda melalui tool analisis Instagram, Anda bisa lebih menentukan strategi berdasarkan data pada Instagram marketing daripada sebelumnya. Dikombinasikan dengan pemahaman tentang follower Anda, Instagram Insight ini dapat memungkinkan pembuat konten yang lebih berharga dan menarik bagi Audience Anda.