Cara Memasarkan Bisnis Dengan Anggaran Terbatas



Menurut sebuah riset yang dilakukan HubSpot, tantangan terbesar bagi perusahaan dalam pemasaran adalah kurangnya sumber daya anggaran. Jika Anda bukan seorang sturtup dengan usaha atau modal selangit, maka Anda mungkin memiliki anggaran pemasaran yang terbatas. Berikut beberapa cara dahsyat yang dapat digunakan untuk Memasarkan Bisnis Anda dengan anggaran terbatas.
  1. Bergerilya
Bergerilya dalam pemasaran bisa dilakukan dengan meningkatkan kreativitas, imajinasi, dan orisinalitas di tempat yang memiliki peluang besar. Usaha kecil yang pintar dengan anggaran terbatas sering menggunakan pemasaran gerilya untuk bersaing dengan perusahaan besar. Tidak ada ide pemasaran gerilya yang tidak kreatif. Berikut beberapa contoh:
  • Jika Anda memiliki batu bata dan mortir, sewa seseorang untuk menciptakan seni yang eye-catching tentang bisnis Anda.
  • Jika Anda menjual produk yang dapat digunakan di jalan, pekerjakan agen yang menyamar untuk mempromosikan produk secara langsung ke pelanggan potensial. Misalnya, perusahaan kamera Sony menyewa agen untuk meminta orang asing mengambil foto dari mereka dan kemudian mulai mempromosikan tentang kamera tersebut berdasarkan hasil foto.
  • Mengatur flash mob untuk mendapat perhatian banyak orang dan mempromosikan bisnis Anda.
  1. Sosialisasi Di Sosial Media
Menurut Pusat Penelitian Pew, hampir dua pertiga orang dewasa di Amerika menggunakan sosial media sekarang. Ini adalah peningkatan sepuluh kali lipat dalam satu dekade terakhir. Saluran sosial media yang populer dan dapat Anda gunakan untuk sosialisasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Reddit, LinkedIn, GooglePlus, dan Snapchat. Masing-masing platform memiliki kelebihan tersendiri dan memerlukan cara memasarkan bisnis unik untuk meningkatkan keterlibatan di dalamnya. Pilih beberapa platform yang Anda suka dan coba untuk menguasainya.


  1. Buat Konten Yang Berharga
Tidak hanya pelanggan potensial yang senang dengan konten berharga, namun Google juga demikian. Ada banyak cara untuk berbagi konten yang berharga misalnya dengan blogging, membuat video, merancang infografis, atau mengirimkan artikel yang bermanfaat. Anda tidak selalu harus menghasilkan konten sendiri. Anda dapat menyewa penulis freelance, desainer grafis, maupun asisten pribadi. Jika Anda kehabisan ide, Anda bisa menggunakan kembali konten lama dan memberikan sentuhan baru.
  1. Membuat Kontes Dan Hadiah
Semua orang tentu senang diberi hadiah gratis. Berikan item yang diinginkan atau yang menyenangkan bagi audiens. Hal ini akan membangun kesadaran bisnis Anda dan mudah terhubung dengan pelanggan potensial. Hadiah tersebut tidak harus mahal, misalnya ebooks online, tas cantik, dan sebagainya. Anda juga dapat membuat efek pemasaran yang viral dengan membuat sebuah kontes. Berikan potongan harga atau produk Anda secara gratis bagi mereka yang memenangkan kontes. Buatlah semenarik mungkin untuk mengajak audiens Anda bergabung di dalamnya. Hal tersebut merupakan salah satu cara memasarkan bisnis yang cukup unik.
  1. “Piggyback” Mitra Bisnis Anda
Bila Anda adalah usaha kecil dengan anggaran pemasaran yang terbatas, masuk akal untuk bermitra dengan usaha pelengkap lainnya. Ini dapat berarti produsen, pemasok, maupun vendor. Tidak hanya saling menguntungkan jika bisnis Anda berhasil, tetapi juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnis. Sebagai contoh, Anda dapat bertukar daftar pelanggan dan menawarkan untuk membayar komisi di setiap penjualan yang Anda lakukan. Pastikan bahwa Anda telah meminta izin dari pelanggan untuk berbagi tentang rincian mereka.
  1. Memanfaatkan Saluran Iklan
Media iklan konvensional seperti TV, radio, dan iklan di surat kabar biasanya memiliki biaya yang mahal dan sulit untuk mengukur efektivitasnya. Anda bisa menggunakan iklan online yang lebih murah dan lebih tertarget. Pilihan populernya adalah iklan Google Pay Per Click atau Facebook Ads. Dengan begitu, Anda bisa memantau kinerja iklan tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Dan masih banyak lagi cara memasarkan bisnis dengan anggaran yang terbatas. Namun yang disampaikan pada artikel ini hanya dikupas sebagian kecil saja. Untuk info laiinya menyusul yaaaa. 

Semoga bermanfa'at ya gan. Salam Sukses Bermanfa'at Kang Yusuf